Senin, 23 November 2020

Produk Kreatif Bidang Multimedia

Industri Kreatif Multimedia
Produk Kreatif menjadi sebuah peluang usaha di Bidang Multimedia dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada. Suatu kreativitas dan inovasi dari produk yang sudah ada menjadi tuntutan kita selaku produsen. Berikut adalah jenis produk kreatif pada bidang multimedia yang paling menguntungkan. 
  1. Periklanan (Advertising)
  2. Iklan adalah komunikasi satu arah yang dilakukan oleh seseorang, instansi atau perusahaan ditujukan kepada masyarakat umum, yang isi untuk mengajak atau mendorong agar tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan. Iklan biasanya ditawarkan pada media sosial baik itu offline misalnya spanduk, poster dan gambar, pamflet, liflet, edaran, brosur atau reklame ataupun media online misalkan televisi, situs berita, blog, dan lainnya. Bentuk iklan offline pun akan berbeda dari yang dibaca di luar ruangan dengan iklan yang berada di dalam ruangan. Demikian juga iklan yang akan dimuat di media cetak (surat kabar, majalah) ataupun media elektronik (televisi dan radio), dari segi tampilan atau layout-nya, pemilihan jenis font, warna, dan foto/gambar yang akan ditampilkan. Aplikasi yang biasa dipakai adalah Corel Draw, Photoshop.
  3. Desain (Design)
  4. Desain merupakan konsep untuk merencanakan pembuatan suatu obyek baik itu hanya bagian/komponen atau secara keseluruhan/sistem. Tingkat kreativitas seni seseorang akan sangat mempengaruhi suatu ide dan gagasan dalam bidang desain ini. Contoh pekerjaan bidang desain ini adalah desain grafis, desain interior, desain komunikasi visual, desainer fashion, dan sebagainya. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk mendesain kemasan produk yaitu CorelDraw, Adobe photoshop, adobe ilustrator, in desain, ink scape dan lain-lain.
  5. Interaktif (Pembelajaran dan Permainan)
  6. Media interaktif pada komputer sangat berpengaruh pada tingkat kecerdasan dan kreativitas dari si pembuat, karena produk ini menekankan pada interaksi dengan si pemakai (user). Aspek pembelajaran (edukatif) dan aspek permainan (game) yang keduanya dapat digabungkan sehingga pengguna akan sangat menikmati media ini. Interaksi ini bukan semata-mata sebagai hiburan, tetapi juga sebagai alat bantu penyampaian materi pembelajaran yang bersifat edukatif. Aplikasi yang digunakan yaitu adobe flash dan shoting Swf.
  7. Penerbitan dan Percetakan
  8. Bidang penerbitan dan percetakan ini berkonsentrasi pada penulisan konten atau isi dari buku, jurnal, koran, majalah, tabloid, serta konten digital, yang meliputi redaksi, foto, gambar dan bagan. Aplikasi yang digunakan adalah Corel draw, PhotoShop.
  9. Barang Seni
  10. Berwirausaha pada bidang seni biasanya didahului dengan hobi yang dimiliki dan ditekuni dan dijadikan bisnis untuk mendapat keuntungan, atau bisa dikatakan bisnis yang diawali dari sebuah hobi. Nilai seni/estetika pada bidang ini memiliki pangsa pasar tersendiri. Contoh seni musik, percetakan, kerajinan, film, seni rupa dan lukis, dan perkembangan bidang teknologi yang merambah ke dunia digital baik itu foto digital, musik digital dan lain sebagainya. Aplikasi yang bisa digunakan untuk bidang seni ini yaitu Corel draw, dan PhotoShop.
  11. Musik
  12. Industri musik juga membutuhkan tenaga yang ahli pada bidang teknologi informasi seperti komposisi musik, pertunjukan, reproduksi, rekaman suara serta editing yang memungkinkan untuk penambahan sound dan sebagainya. Aplikasi yang bisa digunakan yaitu adobe audition dan cooleditpro.
  13. Layanan Komputer dan Piranti Lunak (software).
  14. Bidang kreatif ini terkait dengan teknologi informasi, teknologi yang berkembang dengan sangat pesat sehingga ilmu yang kita milikipun harus mengikuti perkembangan teknologi pula. Contoh dari pekerjaan ini adalah jasa layanan komputer, pengolahan data, pengembangan piranti lunak, integrasi sistem, desain dan analisis sistem. Software yang digarap biasanya dikerjakan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan si pemesan, misalnya menggunakan software baik itu komputer ataupun android.
  15. Arsitektur
  16. Arsitektur merupakan kegiatan bidang kreatif yang berkaitan dengan jasa desain bangunan secara menyeluruh, perencanaan konstruksi, konservasi bangunan, contohnya arsitektur taman, desain interior, desain rumah. Pekerjaan bidang ini biasanya menggunakan aplikasi 3D Blender, 3smax, dan Maya.
  17. Televisi dan Radio
  18. Industri penyiaran baik itu radio, televisi bahkan siaran langsung atau online sangat membutuhkan tenaga yang handal, contohnya adalah siaran edukatif, hiburan, berita, games, kuis, reality show, infotainment dan lain sebagainya. Pekerja bidang ini harus menguasai penggunaan peralatan baik itu pengambilan gambar, pengambilan suara, editing bahkan online sekalipun. Aplikasi yang biasa dipakai untuk keperluan penyiaran ini adalah adobe audition , audacity, dan cooleditpro.
  19. Kerajinan
  20. Barang-barang dari hasil kerajinan biasanya diproduksi dalam jumlah yang relatif kecil, dan biasanya barang tersebut diproduksi berdasarkan permintaan dari calon konsumen. Aplikasi yang dipakai yaitu Macro Flash dan Corel Draw.
  21. Seni Pertunjukan
  22. Pekerjaan pada bidang seni pertunjukan multimedia ini antara lain adalah mendesain/ konsel layout dan tata panggung yang kembang ke arah background digital, animasi, serta tata pencahayaan/lighting yang membutuhkan tim kreatif. Aplikasi yang dapat dipakai Blender, Cooleditpro, dan Photoshop.
  23. Fashion
  24. Kreasi pada bidang desain pakaian, aksesoris serta mode lainnya, produksi pakaian mode serta distribusi produk fesyen, pada industri ini bisa mendesain pakaian menggunakan teknologi komputer hingga model penjualan dipasarkan melalui dunia maya. Aplikasi yang digunakan Ruler dari Xalpha Lab, dan ColorSnap.
  25. Pengembangan Produk
  26. Pengembangan dari suatu produk yang sudah menjadi produk atau barang baru, alangkah baik pula bila fungsi dan kegunaan dari produk tersebut menjadi multi fungsi, adanya ide, gagasan dan kreativitas sangat dibutuhkan untuk bidang pengembangan produk ini. Contohnya bantal kursi yang dulunya dibungkus dengan kain polos atau kotak, karena ada inovasi dengan bungkus kain kombinasi warna-warna yang menawan, berkembang lagi menjadi bantal dengan bordir atau printing foto, tentunya dengan market/pasar untuk anak sangat disukai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belajarlah Setting Seo Blogger dari Bang Mudan

Berikut ini saya membagikan cara setting Seo Blogger untuk kalian semua supaya cepat ditemukan di google pencarian. Settingan ini saya gunak...