Selasa, 07 November 2023

Prinsip dasar karya seni rupa

Karya Seni
Dalam seni rupa terdapat prinsip seni yaitu kesatuan, keseimbangan, ritme atau irama, penekanan atau aksen, komposisi, proporsi, gradasi, dan keselarasan atau harmoni. Prinsip dasar dalam karya seni sangat bersatu padu dalam menghasilkan karya seni yang indah dan setiap karya seni memiliki ciri khas dari suatu keindahan.

Kesatuan

Prinsip Kesatuan merupakan wadah dari unsur - unsur lain di dalam seni rupa sehingga unsur - unsur seni rupa saling berhubungan satu sama lain, sehingga terciptanya unsur seni rupa yang bersatu padu dalam membangun sebuah komposisi yang indah, serasi, dan menarik.

Keseimbangan

Prinsip keseimbangan berhubungan dengan berat ringan nya suatu karya seni. Karya seni diatur agar mempunyai daya tarik yang sama di setiap sisinya.

Prinsip keseimbangan ini memberikan pengaruh besar pada kesan suatu susunan unsur – unsur seni rupa. Balance bisa dibuat secara formal / simetris dan dengan informal / asimetris serta keseimbangan radial / memancar.

Terdapat 4 jenis keseimbangan, yaitu:

a. Keseimbangan Sentral (Terpusat)

b. Keseimbangan Diagonal

c. Keseimbangan Simetris

d. Keseimbangan Asimetris

Irama

Irama atau Ryhme merupakan pengulangan satu atau lebih unsur secara teratur dan terus menerus sehingga mempunyai kesan bergerak. Pengulangan ini bisa berwujud bentuk, garis, atau rupa – rupa warna.

Pengulangan unsur bentuk jika diletakkan ditempat yang sama maka akan terlihat statis, berbeda dengan irama harmonis maka menghasilkan nilai estetika yang unik. Untuk itu pintar – pintar dalam melakukan variasi warna, ukuran, jarak, dan tekstur.

Komposisi

Prinsip seni rupa Komposisi merupakan salah satu prinsip yang menjadi dasar keindahan dari sebuah karya seni. Karena komposisi berhubungan dengan penyusunan unsur – unsur seni rupa sehingga menjadi susunan yang teratur, serasi. Sehingga menghasilkan karya seni yang bagus dan menarik sehingga dapat bertujuan untuk menampilkan ekspresi.

Proporsi

Prinsip ini bertanggung jawab membandingkan antara bagian satu dan bagian lainnya sehingga terlihat selaras dan enak dipandang. antara Besar dan kecil, panjang dan pendek, luas dan sempit, serta tinggi da rendah adalah masalah prinsip proporsi. Contoh yang bisa kita jadikan gambaran yaitu ketika akan membuat lukisan tubuh manusia maka bagian tubuh (kita ambil wajah) ukuran antara alis, mata, hidung, mulus harus seimbang.

Pusat Perhatian

Sebagai prinsip Dominasi adalah usaha untuk menampilkan bagian tertentu dari karya seni rupa sehingga terlihat lebih menonjol dan gampang terlihat berbeda dari yang lain di sekitarnya. Bisa dilakukan dengan cara mengatur posisi, warna, ukuran, dan unsur lainnya.

Keselarasan

Keselarasan adalah prinsip untuk menyatukan unsur yang ada di dalam seni rupa dari berbagai bentuk yang berbeda - beda. Keselarasan muncul dengan adanya kesesuaian, kesamaan, dan tidak bertentangan. Keselarasan bisa dimunculkan dengan cara mengatur warna, pencahayaan, bentuk dengan rapi atau tidak terlalu mencolok satu sama lain.

Gradasi

Gradasi merupakan susunan warna yang memiliki tingkat perpaduan dari berbagai warna yang digunakan di dalam karya seni yang terlihat secara berangsur angsur. Prinsip gradasi sering digunakan saat membuat karikatur, lukisan, mozaik, dan seni rupa 2 dimensi lain. Karena gradasi berperan untuk menghidupkan karya seni.

Penekanan

Kontras mengatur perbedaan dari 2 unsur yang berlawanan, perbedaan mencolok terdapat di warna, bentuk, dan ukuran sehingga hasil karya seni tidak terkesan selalu sama. Adanya prinsip seni rupa terciptanya hasilnya karya seni yang akan menjadi lebih terasa berwarna dan menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belajarlah Setting Seo Blogger dari Bang Mudan

Berikut ini saya membagikan cara setting Seo Blogger untuk kalian semua supaya cepat ditemukan di google pencarian. Settingan ini saya gunak...