Kamis, 02 November 2023

Pengertian Seni Grafis

pengertian seni
Seni grafis merupakan kelompok dari seni rupa, proses dari membuat karya menggunakan teknik cetak, biasanya di atas kertas. Terkecuali pada teknik Monotype, prosesnya mampu menciptakan salinan karya yang sama dalam jumlah banyak, ini yang disebut juga proses cetak. Tiap salinan karya dikenal dengan 'impression'. Lukisan dan drawing, di sisi lain, menciptakan karya seni orisinil yang unik. Cetakan diciptakan dari permukaan sebuah bahan, yang umum digunakan adalah: plat logam, biasanya tembaga atau seng untuk engraving atau etsa; batu digunakan untuk litografi; papan kayu untuk woodcut/cukil kayu.


Media

Seniman grafis berkarya menggunakan berbagai macam bahan media dari yang tradisional sampai kontemporer, termasuk tinta berbasis air, cat air, tinta berbasis minyak, pastel minyak, dan pigmen padat yang larut dalam air. Karya seni grafis diciptakan di atas permukaan yang disebut dengan plat.

Warna

Pembuat karya grafis menorehkan warna pada cetakan dengan berbagai macam banyak cara. Sering kali pewarnaannya dalam etsa, cetak saring, cukil kayu serta linocut diterapkan dengan menggunakan plat, papan atau screen yang terpisah atau dengan menggunakan pendekatan reduksionis. Dalam teknik pewarnaan multiplat, terdapat sejumlah plat, screen atau papan, yang masing - masing menghasilkan warna yang berbeda.

Teknik

Terdapat beberapa macam dalam teknik cetak, teknik cetak manual dalam seni grafis, antara lain teknik cetak tinggi atau teknik cukil, teknik intaglio, teknik etsa, teknik cetak saring atau disebut pula teknik sablon.

Dalam hal ini semua yang ada di dalam seni grafis menciptakan sebuah karya seni yang membutuhkan banyak proses dan secara bertahap untuk menghasilkan karya seni yang indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belajarlah Setting Seo Blogger dari Bang Mudan

Berikut ini saya membagikan cara setting Seo Blogger untuk kalian semua supaya cepat ditemukan di google pencarian. Settingan ini saya gunak...