Senin, 16 Oktober 2023

Unsur seni rupa

seni rupa
Unsur seni rupa adalah unsur - unsur visual (Penglihatan) yang dapat dilihat wujudnya yang digunakan untuk membentuk atau membuat karya seni. bisa dikatakan Wujud atau unsur seni rupa terbentuk dari garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, nada ,gelap terang, dan ruang. Pencitpta dari sebuah karya seni disebut seniman, dan karya seni terdiri dari seni rupa murni dan seni rupa terapan.



Unsur Seni Rupa

  1. Titik merupakan unsur seni rupa dua dimensi yang paling dasar. Titik dapat kita kembangkan menjadi garis dan bidang.
  2. Garis dapat terbentuk melalui goresan atau tarikan dari titik satu ke titik yang lain.
  3. Bidang berupa permukaan yang datar. Suatu garis yang di pertemukan ujung pangkalnya akan membentuk bidang, baik bidang geometrik (segitiga, persegi, dan persegi dan persegi panjang) maupun bidang tak beraturan.
  4. Bentuk banyak banyak tercipta dari hasil unsur visual. Bentuk terjadi melalui penggabungan unsur bidang.
  5. Warna teori warna brewster, semua warna yang ada berasal dari tiga warna pokok (primer) yaitu merah, kuning dan biru.
  6. Tekstur adalah permukaan suatu benda, ada yang halus ada yang kasar. Dalam sebuah seni tekstur bisa kita temui di sebuah karya seni seperti kerajinan tangan (Patung, Guci, Kain tenun, Kerajinan Anyaman dan lainnya).
  7. Gelap terang benda yang bertimpa cahaya (secara langsung atau tidak langsung), ada sisi yang gelap dan ada sisi yang terang.
  8. Ruang dalam karya seni 2 dimensi ruang hanya bersifat semu (maya) karna didapatkan dari kesan penggambaran yang datar, pipih, menjorok, cekung, cembung, dekat, jauh dan lain sebagainya.
Dalam seni rupa terdapat prinsip seni yaitu kesatuan, keseimbangan, ritme atau irama, penekanan atau aksen, komposisi, proporsi, gradasi, dan keselarasan atau harmoni, yang semuanya menjadi satu dan bergabung didalam hasil karya seni. Seni Rupa merupakan dasar terciptanya berbagai macam karya seni yang melahirkan seniman di seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belajarlah Setting Seo Blogger dari Bang Mudan

Berikut ini saya membagikan cara setting Seo Blogger untuk kalian semua supaya cepat ditemukan di google pencarian. Settingan ini saya gunak...